5 (Lima) Khasiat Daun Kelor, Rutin Konsumsi Selama Tiga Bulan Dapat Meningkatkan Kesehatan Bagi Tubuh!

Seperti yang telah kita ketahui bahwa selama ini daun kelor hanya diolah menjadi sayur untuk bahan pangan.

Hasil studi para ilmuwan telah menyelidiki beberapa macam khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh dan bisa mencegah berbagai penyakit.

Tumbuhan daun kelor ini sangat kaya akan antioksidan dan berbagai senyawa tanaman bioaktif. Selain antioksidan, daun kelor yang baru dipetik dari pohonnya langsung yang masih segar juga mengandung protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin B2, zat besi, vitamin A, dan magnesium.

Berikut adalah 5 (lima) khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh yang terbukti secara ilmiah, diantaranya:

 

  1. Dapat menurunkan diabetes

Menurut studi penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menyeimbangkan dan  menurunkan kadar gula darah.

Namun, sebagian besar penelitian masih dilakukan pada hewan dan hanya ada sedikit penelitian yang dilakukan pada manusia.

Ada studi terhadap 30 (tiga puluh) wanita menunjukkan mengonsumsi tujuh gram bubuk daun kelor setiap hari selama 3 (tiga) bulan mampu mengurangi kadar gula darah hingga 13,5%.

Studi kecil lainnya mengatakan, 6 (enam) penderita diabetes yang mengkonsumsi 50 gram daun kelor mengalami penurunan gula darah hingga 20%.

Manfaat dari daun kelor ini nyatanya diyakini tidak hanya terdapat pada daunnya saja. melainkan ekstrak buah kelornya juga terbukti dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

  1. Dapat menurunkan kolesterol

Banyak makanan berasal dari nabati yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tingkat kolesterol.

Baik penelitian terhadap hewan maupun manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor ini berpotensi memiliki efek untuk menurunkan kolesterol.

  1. Dapat melindungi racun bernama arsenik

Beberapa peneliti melakukan sebuah penelitian pada hewan tikus yang menunjukkan bahwa daun dan biji dari tanaman kelor dapat melindungi dari efek racun arsenik.

BACA JUGA  Pilihan Bantuan Finansial untuk Anak Sekolah

Paparan jangka panjang terhadap arsenik tingkat tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan dari waktu ke waktu.

  1. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang berperan untuk melawan radikal bebas atau zat yang dapat mencegah dan memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif yang berkaitan dengan berbagai penyakit dalam, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe dua.

Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan ditemukan dalam daun kelor yaitu beta-karoten, vitamin C, asam klorogenat dan quercetin.

Ada studi terhadap wanita menemukan, mengkonsumsi bubuk daun kelor sebanyak 7 (tujuh) gram setiap hari selama 3 (tiga) bulan mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah secara sangat signifikan.

  1. Dapat mengurangi peradangan

Sebagian besar sayur, buah dan rempah memiliki sifat anti-inflamasi untuk melawan peradangan.

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanates adalah senyawa utama anti-inflamasi yang terdapat pada tanaman ini daun kelor.

Sejauh ini, penelitiannya masih terbatas pada penelitian tabung dan hewan sehingga efek anti-inflamasi daun kelor untuk manusia masih perlu dibuktikan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *