porsi haji

Cara Cek Porsi Haji

Ada puluhan ribu calon jemaah haji yang mendaftar dan mengantre panggilan ke tanah suci. Akibatnya, antrian haji semakin panjang. Apalagi saat ini dunia sedang dilanda pandemi global “Virus Covid 19”. Nah bagi yang sudah mendaftar haji, jemaah sudah mendapat porsi dan berharap bisa segera berangkat haji.

Untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, jemaah kini bisa melacaknya secara online melalui fasilitas yang ditawarkan situs resmi Kementerian Agama. Cara cloudnya buka link https://haji.kemenag.go.id/v3/. Anda bisa mengecek perkiraan keberangkatan dengan nomor porsi Anda, dimana nomor tersebut tertera pada bukti setoran pertama yang Anda dapatkan saat mendaftar haji di bank.

Bukti setoran pertama adalah bukti bahwa Anda terdaftar sebagai calon peserta haji. Setelah calon jemaah haji melakukan pembayaran pertama setoran haji sebesar 25 juta ke BPS (bank), calon jemaah haji akan diberikan bukti setoran pertama BPIH (Biaya Penyelenggaraan Haji), termasuk nomor bagian haji.

Part number haji terdiri dari 10 digit dan part number tertera pada bukti setoran pertama di bank. Bagi jamaah yang ingin mengecek perkiraan keberangkatan, masukkan nomor porsi haji pada formulir cek porsi haji dan tekan tombol CARI. Jika Anda haji plus maka mintalah bantuan haji plus perjalanan tempat Anda mendaftar, jika tidak mendapatkan nomor porsi sebagai bukti sah maka Anda adalah jamaah yang terdaftar di Kementerian Agama.
Mendapatkan nomor porsi berarti Anda adalah jamaah haji kuota Kemenag resmi (jamaah haji non-kuota tidak memiliki nomor porsi).

Jika Anda tidak dapat melihat perkiraan keberangkatan haji yang akan datang, situs web Kementerian Agama mungkin sedang dalam perbaikan atau server mungkin kelebihan beban. Anda bisa mengecek porsi haji nanti atau keesokan harinya.

BACA JUGA  Pemecah Kaca Kontainer Viral Ditangkap

Cara Cek Porsi Haji melalui web Kemenag 

1. Siapkan dari BPIH. diperoleh nomor porsi untuk
2. Akses alamat situs di https://haji.kemenag.go.id/
3. Dari enam menu di bilah atas, pilih menu tarik-turun ‘database’
4. Klik menu ‘perkiraan waktu keberangkatan’
5. Setelah mengubah tampilan, masukkan 10 digit nomor porsi di kolom pencarian
6. Klik ‘cari’, data perkiraan keberangkatan akan ditampilkan

Cek Part Number Keberangkatan Haji melalui situs aplikasi

Calon jamaah juga dapat melakukan pengecekan melalui software aplikasi Kemenag yang tersedia bagi pengguna smartphone Android.
1. Buka Play Store di Android
2. Temukan dan unduh aplikasi ‘Haji Pintar’
3. Jalankan instalasi
4. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasinya
5. Setelah aplikasi diluncurkan, pilih menu ‘Perkiraan keberangkatan’
6. Masukkan 10 digit Porsi Keberangkatan Haji
7. Klik Submit dan aplikasi akan menampilkan informasi dasar seperti nomor porsi, nama, perkiraan tahun

8. keberangkatan, kota atau kabupaten, jumlah kuota provinsi, dan posisi porsi dalam kuota provinsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *