cpns

Penerimaan CPNS 2021 Akan Segera Dibuka

Pemerintah belum mengumumkan tanggal pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CASN) yang meliputi CPNS dan PPPK. Meski demikian, Badan Layanan Umum Nasional (BKN) telah menunjukkan kepada calon peserta aturan ujian seleksi CASN.

Dikutip dari keterangan BKN, Jumat (4/6/2021), ada enam aturan pelaksanaan seleksi CPNS 2021 yang harus dipatuhi. Pertama, peserta harus hadir setidaknya 60 menit sebelum dimulainya seleksi.

Kedua, pemberian PIN pendaftaran kepada peserta ditutup lima menit sebelum jadwal seleksi dimulai. Ketiga, peserta seleksi CASN wajib membawa KTP asli yang masih berlaku atau dokumen identitas diri yang masih berlaku sebagai pengganti KTP atau KK asli atau fotokopi yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

Ketentuan keempat, peserta CPNS 2021 dan PPPK harus membawa kartu peserta seleksi. Kelima, peserta asli harus sesuai dengan foto yang ada pada lampiran kartu peserta. Terakhir, peserta mengenakan pakaian dan sepatu yang rapi dan sopan.

“T-shirt, jeans dan sandal tidak boleh,” tulis BKN.

Selain itu, BKN juga menetapkan sejumlah larangan. Peserta CPNS 2021 dan PPPK dilarang bertanya atau bertanya kepada sesama peserta selama seleksi, dan dilarang menerima atau memberikan sesuatu dari atau kepada peserta lain selama proses seleksi tanpa izin panitia, oleh karena itu dilarang meninggalkan ruang seleksi, kecuali diizinkan oleh panitia.

Peserta CPNS 2021 dan PPPK juga tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam ruang seleksi dan dilarang merokok di dalam ruang seleksi.

Di area seleksi, peserta CPNS 2021 dan PPPK juga dilarang membawa buku atau catatan lain, kalkulator, gadget, kamera dalam bentuk apa pun, jam tangan dan alat tulis, senjata api atau senjata bermata, dll, serta dilarang menggunakan komputer lain. daripada untuk aplikasi CAT.

BACA JUGA  Pemecah Kaca Kontainer Viral Ditangkap

Sanksi untuk Peserta yang Melanggar Aturan

Peserta yang terlambat mengikuti jadwal seleksi tidak dapat mengikuti seleksi atau akan dianggap diskualifikasi. Peserta yang tidak membawa dokumen apapun tidak akan diizinkan untuk mengikuti seleksi atau akan dianggap diskualifikasi.

“Peserta yang melanggar ketentuan larangan tidak akan diperbolehkan mengikuti seleksi atau dianggap tidak memenuhi syarat,” kata BKN.

Terakhir, peserta yang melanggar ketentuan larangan tersebut akan dikenakan teguran lisan oleh Tim Pelaksana CAT BKN sampai dinyatakan batal sebagai peserta seleksi.

Ridwan mengatakan pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK tidak akan dibuka pada akhir bulan ini karena masih banyak persiapan yang dilakukan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Masyarakat perlu lebih bersabar lagi hingga dibukanya seleksi calon Pegawai Negeri Sipil CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Kontrak Kerja (PPPK).

Pasalnya, pembukaan seleksi CPNS dan PPPK 2021 tampak mundur dari jadwal yang sebelumnya tercecer, yakni 31 Mei 2021.

Kata Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan. Melalui akun Twitternya, @abiridwan2173, Ridwan menyatakan bahwa roster CPNS 2021 tidak akan dibuka pada 31 Mei 2021.

Menurutnya, masih banyak hal yang harus disiapkan Panitia Seleksi Nasional hingga saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *